24 February 2011

TEKNIK MEMBUAT STYLE/COMPOSER/PATTERN KEYBOARD

1. Teknik Copy Paste
Carilah style yang SEDERHANA. Saya lebih menyarankan style seperti Dangdut Standart. Kenapa? Karena style dangdut umumnya terdiri dari 4 part, yaitu Drum, Bass, Piano, dan Rhytim Gitar. Pola tiap partnya, relatif baku dan mudah untuk di contek.
Dengarlah setiap part Drum, Bass Piano dan Rhytim Gitar satu persatu dengan mengaktifkan tombol SOLO atau mem-MUTE track lain.

Ketika mendengar tiap track tersebut, dengarkan dan hapalkan tiap part tersebut secara mendetail.
Setelah Anda rasa bisa untuk mencontek, masuklah ke menu Style editor/composer keyboard Anda.
Mulailah dari track BASS. Hapus hanya track Bass, dan biarkan track lain. Tekan record, dan isilah part bass yang terhapus tersebut persis sama atau mirip-mirip dengan bass yang Anda hapus sebelumnya. Hapus dan ulangi lagi sampai isian bass mirip dengan yang aslinya.
Jika berhasil dengan track bass, lanjutkan dengan track piano dan rhytim gitar. Lakukan seperti langkah nomor 4.

Untuk track DRUM, dengarkan terlebih dahulu, lalu cari not/tuts mana saja yang dimainkan pada track drum tersebut. cari satu persatu. Jika telah ketemu dan merasa bisa untuk mencontek part/track drum tersebut, Hapus dan isilah track drum tersebut semirip mungkin dengan yang anda hapus tadi.

2.  Merapikan Style
Untuk merapikan style yang di buat, Anda bisa menggunakan fasilitas QUANTIZE.
Quantize adalah fasilitas untuk menempatkan not sesuai dengan nilai quantize yang di tetapkan.
Untuk style yang umum seperti Dangdut, Anda bisa menggunakan fasilitas Quantize dengan nilai 1/16 (1/4 ketuk) atau dalam not balok (seperti KN dan PSR) not 1/16 adalah not balok dengan dua bendera.
Untuk lebih detil, silahkan baca artikel QUANTIZE.

3. Tips
Trik MENCONTEK ini memang salah satu cara yang paling efektif. Karena nanti jika Anda telah menguasai cara membuat style, Anda juga akan sering mencontek pattern dari sebuah lagu, tapi bedanya, Anda tidak bisa memisahkan (SOLO atau MUTE) tiap track sebuah lagu. Dan Anda harus mampu memisahkan setiap track sebuah lagu dari kaset, CD, atau VCD hanya dengan fasilitas MUTE dan SOLO di telinga Anda.

3 comments:

Post a Comment