Download Midi Gratis

27 October 2011

TEKNIK BERNYANYI NADA TINGGI

Sebenarnya tentang suara tinggi itu memang sudah bawaan range vocal masing-masing.Pada posting saya sebelumnya (Teknik Vocal Yang Baik) sudah saya jelaskan berbagai macam warna suara.
Silahkan kilas balik posting saya sebelumnya untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang berbagai macam warna suara.

Untuk vocal standar,seorang penyanyi biasanya memiliki standar 3 oktaf.Namun ada juga yang memiliki 4,5,6, bahkan hingga 8 oktaf.
Contohnya Mariah Carey,Celine Dion,Nike Ardilla,Nicky Astria,dll..

Walaupun begitu kita masih bisa meng-expand range kita agar mampu mencapai nada tinggi dengan mudah.

Berikut Cara-Caranya :

1. Pemanasan

Bukan hanya olah raga saja yang membutuhkan pemanasan dulu yach.. heheee...
Tapi bernyanyi juga harus melakukan pemanasan dulu sebelum menyanyi.Pemanasanya tentu berbeda dengan pemanasan olah raga.
Pemanasan yang saya maksudkan di sini adalah melemaskan pita suara dengan menyerukan "ah", "mah", "doh", atau "mi', "mei", "mah", "mow", "mu" dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi scale vokal anda.

2. Latihan Rutin

Lakukan latihan sesering mungkin,akan lebih bagus lagi jika bisa melakukanya tiap hari karena pita suara dapat kembali melemas jika tidak sering dilatih.

Tips : Lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lebih tepat/presisi.

3. Menyanyikan Oktaf Tertinggi dan Terendah

Nyanyikan satu lagu yang kiranya mampu mencapai oktaf tertinggi dan terendah anda lalu ulangi lagu tersebut 2 sampai 3x.
Bernyanyilah dengan santai/Rilex,ambil napas secukupnya,dan bayangkan/konsentrasi bahwa nada tinggi dan nada rendah itu mudah anda capai.
Setelah mampu menyanyikan nada tersebut dengan baik,maka latihlah suara anda dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.

Tips Selama Latihan :

1. Perbanyak minum air putih

2. Hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung susu,krn zat ini akan melapisi pita suara kamu dan menyebabkan pita suara menjadi tegang.Minumlah air putih hangat untuk melemaskannya.

3. Minum madu + lemon hangat juga saran yang perlu di lakukan

4. Pakailah pernafasan yang benar,Karena ini salah satu yang membuat output suara anda menjadi bagus dan enak di dengar.

5. Jangan pernah memaksakan kemampuan oktaf jika sekiranya suara anda belum mampu mencapai tingkat oktaf tersebut.Ulangi perlahan dengan napas yang cukup.

6. Setelah anda berhasil mencapai suatu oktaf yang diinginkan dengan sempurna,maka otomatis oktaf tersebut akan mudah anda capai di kesempatan berikutnya.

7. Nikmati latihan ini.Jika anda berlatih dengan "enjoy", maka suara yang anda hasilkan akan terdengar lebih jelas dan santai.

Okayyy... sekian beberapa teknik-teknik tentang vocal yang telah saya bagikan termasuk pada posting teknik vocal saya sebelumnya.
Jika ada yang perlu di tanyakan,silahkan tulis pada kolom komentar.Mungkin saya bisa sedikit membantu..'

Keep Singing with Relax for the beautiful songs..'

Cipirillyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy....................... :ayokona:

5 comments:

ternyata, latihan nyanyi itu seberat latihan atlet yah...!? :)
Kapan2 mampir ke Aqiqah Murah ya :)

he2.. gak jg sich.. hanya mungkin memang memerlukan kesehatan prima saja. Segalanya memang perlu tahap awal pemanasan biar gak tegang dan latihan rutin agar terbiasa.. :)

Thanx udah berkunjung,nanti saya mampir :)

hihihihi saya juga suka nyanyi tp di kamar mandi hahaha alias bathroom singer..nyanyi kliatannya gampang tp sbbnrnya susah yah :)

saya gk berbakat nyanyi :(

@Green Kloperer : he2.. pazti mudah kox.. klo nyanyinya nyantai 'N' Jgn tkut slh...':D

@Nero : Gak hrz pke bakat kox...' ckup dg brlatih rutin tyap hari pzti lama2 bisa klo udh trbiasa..' :))

Post a Comment