Download Midi Gratis

27 October 2011

TEKNIK VOCAL YANG BAIK (PART 3)

Sekarang waktunya melatih teknik vibra atau lebih tepatnya adalah getaran suara,setelah beberapa teknik sudah saya jelaskan pada posting-posting saya sebelumnya.

Vibra yang saya maksudkan disini adalah sebuah getaran yang terjadi ketika kita membunyikan suara.Ini merupakan sebuah akibat sebuah kontraksi pada pita suara.

Gambaran'nya seperti ini,

Ketika kita bernapas,pita suara akan terbuka dan udara akan lewat tanpa menghasilkan suara.Namun ketika kita hendak bersuara atau menyanyi,maka pita suara akan merapat dan udara dari dalam membuat pita suara tersebut bergetar untuk menggerakan bunyi-bunyi tersebut.

Sebagai contoh, silahkan pegang bagian tenggorokan tengah atau leher anda lalu serukan huruf-huruf seperti huruf SH,F,S..' Ketika kita menyerukan huruf-huruf tersebut,tidak akan ada getaran yang terasa.Namun ketika kita menyerukan huruf K,G,NG dan "Aaahhh....." maka pasti akan terasa getaranya.
Itulah proses asal mula vibrasi/getaran suara.

Fungsi dari ide getaran tersebut yang di aplikasikan pada nyanyian,antara lain :

1. Memudahkan untuk mencapai nada-nada tinggi (the technique)

2. Ekspresi (Emotion)

Berikut cara melatihnya :

1. Santai (Relax)

2. Nyanyikan dengan nada tinggi yang benar/tepat

3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam dan keluar pita suara

4. Coba rasakan getaranya

5. Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi tersebut pada nyanyian secara natural.

(Keterangan : Jangan dibuat-buat seperti menggerakkan bagian tenggorokan kita hingga bergerak secara berlebihan.Hal ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil/ tidak jelas intonasinya)

6. Jika sudah terasa vibrasinya,silahkan gerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya.Tak perlu berlebihan,tergantung ekspresi dan kebutuhan lagu.

7. Vibrasi yang baik adalah vibrasi yang secara natural terbentuk dengan getaran yang stabil.Jadi harus dilatih secara perlahan dan yang paling penting stabil.

Sebenarnya lebih baik untuk fokus pada pembelajaran nyanyi/vocalizing saja karena pada penyanyi-penyanyi handal,vibrasi itu biasanya keluar seiring dengan frekuensi suara yang dihasilkan,juga sesuai dengan power yang dikeluarkan.:sweaty:

1 comments:

Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral trus minum Kopi Terbaik sambil simak Berita Kalimantan Tengah baca tentang Football player sketch trus mau Paid Promote untuk Jual Akik Gambar

Post a Comment