Download Midi Gratis

23 May 2011

TEKNIK MEMBUAT MIDI (PART 1)

Seperti yang sudah saya janjikan,saya akan berbicara tentang tutorial.
Dan kali ini saya ingin membahas cara membuat MIDI menggunakan Cakewalk Pro Audio v9.0.Cakewalk Pro Audio ini sangat familiar sekali untuk membuat berbagai MIDI yang ingin kita buat.

Sebenarnya banyak software serupa lainya untuk membuat MIDI misalnya Virtual Piano,Cubase SX,Nuendo,Cakewalk Sonar,FL Studio,Reason,dll.Tapi berhubung saya pribadi menggunakan software Cakewalk pro Audio,jadi saya berbagi cara menggunakan software itu saja ya..


Namun kalau untuk software FL Studio,ia tidak begitu real music untuk pembuatan midi.FL Studio lebih bagus untuk membuat Loops dan Sampling.Saya juga menggunakanya untuk membuat sampling dan loops untuk keperluan Band saya di atas stage.Karena Band saya berbasic all around dan lebih mengarah pada music R'N'B,Jadi mau tidak mau ya harus menggunakan sampling sebagai alat bantu.

Hmmm.... Kita Langsung saja ke inti pembuatan midinya ya..
Berikut langkah-langkahnya :

  • Instal terlebih dahulu CPA di pc/laptop Anda. (Tidak semua program windows kompatible dengan software ini).Saya menggunakan windows-XP untuk menginstalnya.
  • Setelah selesai di install, bukalah software CPA tersebut.Tampilanya seperti ini :
Klik Cancel (Pada panah biru)
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini :


Klik Yes (pada panah biru)
  • Lau akan muncul tampilan seperti ini :
Klik OK (pada panah biru)
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini :
Klik Close (pada panah biru)
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini :
Klik Chose MIDI ports now (pada panah biru)
  • Langkah selanjutnya,karena saat ini kita tidak menggunakan perangkat luar seperti keyboard controller, maka pada kolom INPUT PORTS (sebelah kiri), bisa di abaikan. Kita arahkan perhatian ke kolom OUTPUT PORTS (sebelah kanan).Pilihlah MICROSOFT GS WAVETABLE SW SYNTH untuk outputnya.Lalu klik OK.
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini :
Pilih Close untuk melanjutkan
  • Langkah selanjutnya,akan muncul tampilan halaman kerja kita yang berisi kolom dan baris track seperti di bawah ini :

Klik maximize (pada panah biru)
  • Klik dan geserlah garis pembatas untuk melihat keseluruhan parameter di sebelah kiri. Seperti ini :

Garis pembatas di tengah tersebut,memilah dua bagian,yaitu sebelah kiri untuk bagian pengaturan parameter track,dan di sebelah kanan adalah bagian yang akan menampilkan blok track yang telah di isi nantinya.
Di bagian sebelah kiri,ada 17 kolom.

Berikut isi dan pengertian kolom-kolom sebelah kiri yang saya maksud :

    kolom NOMOR BARIS TRACK. Kolom paling kiri ini,hanya sekedar nomor baris aja.Tidak ada hubungannya dengan nomor chanel track.

    NAME : Kolom untuk memberi nama track tersebut. Pengisian nama, bebas dan ga ada kaitannya dengan sound.

    M : MUTE, untuk menonaktifkan track tersebut secara individu.

    S : SOLO, untuk mendengarkan hanya TRACK yang ditekan tombol solo-nya.

    R : RECORD, untuk merekam di track tersebut. Tombol ini tidak kita gunakan untuk saat ini.

    SOURCE : sumber suara atau perintah Midi dari perangkat lain.

    KEY : untuk mengatur key (transpose) nada pada track tersebut.

    VEL+ : VELOCITY. Pada kolom ini kita bisa menentukan kepekaan (sensitifitas) not yang akan kita tekan,jika menggunakankeyboard controller.

    EFFECT : pada kolom ini,ada beberapa effect untuk mempermudah,mengubah dan memperindah track tersebut.

    TIME : hapir sama dengan ATTACK,fungsinya untuk mengatur,seberapa cepat not itu akan di bunyikan.

    PORT : port ini untuk menentukan ke output mana channel tsb akan di teruskan. engaturan port ini telah kita lakukan di langkah NOMOR 5 di atas.

    CHN : CHANEL - untuk menentukan channel track tersebut

    BANK : Bank sound yang akan di gunakan

    PATCH : Jenis sound yang akan di gunakan

    VOL : Volume. Range angkanya adalah 0 – 127.

    PAN : PANPOT atau Balance. Range Angkanya adalah 0-127. untuk membuat sound channel tersebut berada di tengah,angka untuk panpot ini adalah 64.Lebih kecil dari 64,berarti suara akan semakin ke kiri (speaker sebelah kiri),begitu sebaliknya jika angka lebih besar dari 64.

    SIZE : keterangan jumlah not yang telah di isi pada track tersebut.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan track.

Hal yang paling pertama adalah menentukan SOUND/PATCH dan CHANNEL track tersebut.
Maksimal jumlah channel dalam General Midi adalah 16 Chanel (simultan).
Untuk membuat file song midi,ada 3 channel yang harus benar-benar Anda perhatikan :

Track DRUM : selalu terletak di Channel nomor 10
Track BASS : di tempatkan di Channel nomor 2
Track untuk voice/melodi/guide pengganti vocal : di letakkan di channel 4


Berikut langkah-langkah penempatan channel :
  • Untuk menentukan Sound/Patch tiap channel,di lakukan dengan cara mengklik ganda/double klik pada kolom Bank.
  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini,klik tombol INSTRUMENT (pada panah biru)

untuk pengaturannya, klik nomor chanel di kolom PORT/CHANNEL di sebelah kiri,lalu klik salah satu pilihan di kolom USES INSTRUMENT di sebelah kanan.


  •  Dan untuk memilih suara,caranya klik patch,dan pilih sesuka anda,lalu klik OK.
  • Lakukan hal yang sama pada kolom-kolom berikutnya hingga 16 Chanel. Khusus untuk chanel 10,arahkan ke pilihan ROLAND GS DRUMSETS seperti dibawah ini :



  • Dan hasilnya akan seperti ini (ini contoh yang sudah saya tentukan Patch Volume dan Pan'nya) :
Tahap berikutnya kita masuk pada pengisian.Tapi untuk tahap ini mungkin akan saya bahas pada posting berikutnya (PART 2), dikarenakan kepanjangan dan semestinya saya merangkumnya dengan menggunakan file PDF tapi terus terang saya belum mempelajari file PDF tersebut. heheee...... :blush:
Sampai jumpa di posting saya berikutnya untuk melanjutan..!':sleep:

23 comments:

waah, lengkap banget sampe ada screenshoot-nya :D

sip sipp, sangat bermanfaat :)

he2... mkch... kan mksdnya biar lbh jlz gtu.. jd pke screenshoot...' tp itu blm selesai...' baru part 1. Masih ada 1 part lg baru tamat...' :D :D

ahli musik rupanya Mbak yg cantik ini.Tehnik membuat midi part 1 cukup bermanfaat untuk perancang musik, saya hanya bisa menikmatai saja. oh.. ya..., bannernya sudah saya pasang juga. sekaligus follow balik, asyiiiikkk.....

Ziiiiiiiiiiippp.........' Thnx ych.... ^_^

Hai Henny..??
Gmna kabarnya?
Wah, Makin Bagus ajjah BLogx..
Keren..Keren..
Oya, Liad BaLasan CommEnt U Ea..??
Q juga CurHat..
ͼ⎝⋗⍜⋖⎠ͽ

he2... Mkch.... Alhmdulillah baik.. Mga km jg ych... :) btw Ok dch,,Ziiiippp... Langsuuunngg ke TKP...' Wuuuuuuuuuuzzzz........ ^_^

CARA GAMPANG :

Salam kenal persahabatan, kenapa kok tidak mempergunakan software Cubase5 ...., sepertinya agak lebih mudah sob .., maaf kalau lancang.

He2.. iya sob.. Kadang aq pke cubase jg,tp gak aq tulis tutornya di sini..

lam kenal....klo saya buat musik pke fruity loop 10, buat musik midi jg bs pke fruity loop

kalau mau buat lirik dan mengatur timingnya pada file midi yang udah jadi tapi belum ada liriknya gmn Mbak..?

kok sama persis dengan blog solfegio?

Jiban : Belom pernah saya coba tuh sob, jd blm bisa ksh jwban apa2, nanti saya cb dlu..

Junaid : Ya ditulis dulu liriknya, bru di atur timingnya..

Tri Purbo : Blog solfegio? Maaf saya blm pernah buka, mgkn cuma kebetulan saja krn namanyanya tutor ya rata2 sama. Tp utk semua postingan tutor saya, saya menulisnya seperti apa yang sudah saya prektekan, maka itu knp saya selalu menyertakan screenshot (Gambar) pada setiap tutor2 yang saya tuliskan..

Bagus artikelnya mbak Henny... ^_^

Share juga 6000 Lagu Midi Karaoke Full Lirik ( 1 Link Download )

www.karaokemidiku.blogspot.com

Mantep blog nya. Non komersil alias tdk kikir. No basa-basi alias tdk berbelit-belit. Sangat membantu dan pastinya bermanfaat, moga2 mendpt balasan amal yg berlipat.

kapan nih PART 2 nya di post kan?

Min kalau untuk dapatkan sofwarenya di mana ya?tolongdong di kasi info

Min kalau untuk dapatkan sofwarenya di mana ya?tolongdong di kasi info

Min kalau untuk dapatkan sofwarenya di mana ya?tolongdong di kasi info

Hebat euy ba ini,kapan part 2 nya ba,aku pengen belajar ba,makasih ba infonya

http:\\karaokemidiku.blogspot.com
ikut sedot brow untuk di dengerin dan belajar. suwun

Post a Comment