Download Midi Gratis

1 May 2011

CARA MENGUBAH FLOPPY DISK MENJADI USB (FLASH DISK) PADA KEYBOARD

Saya rasa sudah beberapa bulan ini saya tidak update blog ini ya? hehe..
Sudah seharusnya saya update sesuatu yang menarik di blog ini setelah lama saya vacum :-)

Baiklah, Untuk kali ini saya ingin membahas tentang sebuah alat yang bisa di bilang lumayan canggih untuk merubah keyboard yang masih menggunakan floopyDisk menjadi USB (Flash Disk).

Di antara kita mungkin sudah banyak yang menggunakan keyboard berformat USB (flashdisk) di dunia musik jaman sekarang ini. Tapi tak ketinggalan juga ada yang masih menggunakan keyboard berformat floppy Disk.
Dan bagi yang ingin tahu caranya,mungkin bisa sedikit saya jelaskan di sini. Semoga bisa sedikit membantu :-)


Alat ini adalah alat yang nantinya di pasang pada keyboard anda sebagai pengganti floppy Disk yang ada pada keyboard anda. Tentunya setelah anda membeli alatnya.. hehe.....

Alat ini bernama USB Emulator. Alat ini memiliki kelebihan yaitu :
* Lebih awet di banding dengan disk drive atau FDD
* Lebih efisien karena 1 flashdisk mampu menggantikan 100 disket
* Loading song atau style tidak sering error seperti loading pada disket
* Mudah pengoprasiannya.
* Lebih mudah mencari flashdisk di banding disket.

Ukurannya sama persis dengan disk drive, dan konektor terhubung dengan konektor floppy yang ada di keyboard, pemasangannya mudah karena tidak merubah bentuk fisik dari keyboardnya. floppy emulator ini juga di sertakan dengan software yang berfungsi untuk merubah 1 flashdisk menjadi 100 partisi disket.
Partisi hanya dapat dilakukan dengan bantuan komputer,tapi biasanya penjual juga menyediakan flashdisk yang sudah terpartisi sehingga pembeli mudah pengoprasianya.

Adapun untuk syarat-syarat penggunaanya adalah :
* Floppy Disk Drive yang akan diganti harus yang menggunakan socket 34 pins (standart komputer/PC)
 
Contoh gambarnya seperti ini :















* Dimensi/ukuran sama persis dengan Floppy disk drive.

Dan untuk cara kerjanya adalah :

* Di dalam flashdisk kita membuat 100 FOLDER berurutan dari nomor 00 s/d 99. isi maksimal dalam 1 folder adalah = 1,44Mb (sama dengan kapasitas 1 disket).
* Kita tekan memilih nomor folder yang akan di akses melalui 2 tombol UP & DOWN di emulator ini, lalu menekan tombol DISK (atau sejenisnya) di keyboard sebagaimana biasanya kita mengakses disket di keyboard.
* Flash disk yang bisa digunakan adalah flash disk yang umum di jual di pasaran.
* Kapasitas flashdisk yang dibutuhkan hanya = 100 x 1,44Mb = 144Mb. Jadi kita tidak perlu menggunakan flash disk berkapasitas besar.

Alat ini kompatible dengan beberapa keyboard berformat floppy disk, diantaranya :
1. yamaha : PSR630 ,psr640 ,psr730 ,psr740 ,psr1000 ,psr1100 ,psr2000 ,psr2100
2. korg : PA50 ,PA60 ,PA80 ,i30 ,is35
3. Technics : KN1400 ,KN3000 ,KN1600 ,KN2400 ,KN6000 ,KN6500 ,KN1500 ,KN930
4. Roland : G800 ,G1000 ,E86 ,E96 ,VA3 ,VA5 ,VA7 ,VA76

Untuk cara penginstalanya adalah sebagai berikut :

TAHAP 1 :
* Kita coba pastikan berapa besar kapasitas Flashdisk yang kita miliki.

TAHAP 2 :
* Buka Software yang sudah di sediakan pada paket USB Emulator yang bernama V123_SFD (Software ini bisa langsung di eksekusi tanpa harus terlebih dahulu meng instalnya)

TAHAP 3 :
* Klik SFD_enhanced edition
* Pada kotak Select USB disk, klik pilihan flashdisk kita, jika flashdisk lebih dari satu maka, pada kotak tersebut akan menampilkan semua flashdisk, tapi jika kotak tersebut kosong berarti flashdisk nya belum dipasang, silahkan pasang flashdisk maka pada kotak tersebut akan langsung menampilkankan flashdisk kita
* Beri tanda checklist pada start(select)/close(unselect) multi-floppy service. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada kita berapa floppy block yang bisa kita buat dalam flashdisk kita.
* Walaupun flashdisk kita ukurannya besar, tapi yang akan dipakai Cuma 100 X 1,44 MB,
* Jadi dengan flashdisk yang 256 MB saja itu sudah cukup
* Sekali lagi, kalau flashdisk kita 256 MB keatas, pastikan floppy blocknya Cuma 100, tidak lebih, karena alat ini Cuma bisa hingga 100 block, mulai dari 00 – 99.
* Langsung klik make floppy block.
* Akan ada peringatan bahwa, flashdisk anda akan di format, dan data anda akan hilang, silahkan klik ok untuk melanjutkan.






Apabila pada select floppy telah seperti gambar diatas, itu berarti anda telah berhasil memformat flashdisk tadi menjadi seolah-olah 100 buah floppy dan namanyapun berubah menjadi FLPPY0 – FLLPP99.

Untuk memeriksanya apakah betul flashdisk tadi telah menjadi Floppy, silahkan buka Explore, dan kita lihat ternyata partisi (I:) tadi telah berubah nama menjadi FLPPY0, dan dilihat dari properties ternyata ukurannya telah menjadi ukuran Floppy disk (disket).

TAHAP 4 :
Silahkan mencoba mengganti ganti select floppy pada software tersebut, maka nama pada select floppy juga akan menjadi nama yang sama pada Explore Sekarang semuanya telah selesai tinggal memasukkan data kepada tiap tiap floppy sesuai dengan kebutuhan, dan ingat bahwa, partisi ini dianggap sebagai floppy, maka kapasitas per tiap floppy tidak boleh lebih dari 1,44 MB atau lebih dari kapasitas yang tertulis pada properties.

Untuk pembelian, alat ini biasanya di jual di toko-toko music centre, atau bisa di pesan melalui toko music online yang bisa di cari di internet.

Oke, sekian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat :-)

77 comments:

wah sayang benget nih saya g bisa coba, belum punya kompi soalnmya hahhahaha

hweheheee.... saya jg baru coba di yamaha ajh.. tutorialnya ya sprti itu..' tp utk keyboard lain blm prnh saya coba.. Cm info dr tmn2 ajh yg pke keybord merek lain mngatakan klo keyboardnya udh di coba mnggunakan emulator & katanya berhasil. Jd aq masukin ajh bbrpa merek keybord yg kompatible dg emulator itu..' :D

nih... bisa modif keyboard lagi, berkarya terus deh... ditunggu posting untuk lagu ciptaannya ya...

he2... Iya... tp mgkn cm bsa modif keyboard merk Yamaha saja, coz saya pribadi mnggunakan keyboard yamaha untuk saya bekerja.. :">

nice ilmu ja deh...soalnya saya gak mudeng...hahaha
thank you..thank you..thank you...!!

he2.... Thnx ych udh brkunjung...........' ^_^

klo mau beli dimana ya hen? makasih infonya..

@ABDILLAH

he2.. itu kan udh ada ktrnganya d ataz.. Untuk pembelian, alat ini biasanya di jual di toko-toko music centre, atau bisa di pesan melalui toko music online yang bisa di cari di internet...' :))

@Abu fawaid

Bisa..' emulator itu bisa di gunakan pd casio jg..' asal seukuran dg floopy disk'nya..' :)

Halo sobat,
bersamaan dg ini saya memohon maaf karena ada perubahan pada Blog saya, bahwa daftar "Link sahabat" saya taruh di posting, bukan di Home page, maka silahkan sobat taruh Link blog saya di posting Link teman di blog sobat, Jika Link saya ditaruh di Home saya sangat berterima kasih.

saya tetap akan menjaga tali silatuhrahmi bersama sahabat, link tersebut dipindahkan dikarenakan oleh beberapa sebab.

silahkan lihat disin:Link Sahabat

berapa harga usb emulatornya mas ??thanx

MUSIK DIGITAL :
Keyboard saya Yamaha PSR450 ...., apa bisa menggunakan hardware ini ? Salam .....

keyboard yamaha PSR 350 bisa pake gak alat ini
kira2 harganya berapa ya

Alat nya bisa beli dimana.....
Mohon bantuannya
No sy 081326693165

bagi yg butuh alat ini silahkan hubungi Herman, tehnisi berpengalaman. kontak HP: 085391972318

dimana beli USB Emulator ???

Kemana dan sama siapa bisa beli, kok hanya penjelasan aja saya mau beli nie. Mohon mbak henny minta no. Hpnya dunk !

klo untuk ROLAND E-86, kan itu layar nya monocrom... klo pake alat itu, apa bisa membaca file di dalam nya?

cari di toko bagus online,,
aq pernah pesan 4 hari udah nyampe,.
dari jawa ke sulawesi lewat JNE,,
harga sekitar 1.200.000,- emulator + flashdisk yg terisi midi dan style.

ok makasih.

bagus sekali artikelnya, saya mau tanya, untuk alat ini apakah bisa dipakai alat laboratorium yang masih menggunakan floppy disk drive, karena floppy drive aslinya sudah tidak diproduksi, mungkin alat ini bisa menggantikannya. terimakasih

saya punya psr 630, berapa harganya sekarang ? saya ada di sribawono,lampung timur, kira-kira alatnya ada tidak di seputar lampung timur ?

kalau casio 800, bisa ga nih

kalau Yamah PSR 340 Bisa Gak ya?

Bagus artikelnya ^_^

Share juga 6000 Lagu Midi Karaoke Full Lirik (1 Link Download)

www.karaokemidiku.blogspot.com

Mohon dibantu , Orgen yang akan saya rubah,, Merk TEKNIK KN-930,, namun Display dan tutt,, ada kerusakan kira kira bisa tidak ya ???? nuwun

Alamat saya di Kota Tangerang,,, dimana ya << toko yang berdekatan dengan domisili kami,, please help me, ( ORGEN KAMI MERK TEKNIK KN-930 )

Saya sdh berhasil membuat flasdish 8gb menjdi floppy disk,tapi kapasitasnya menjadi 1,38 mb, dlam stu flashdishnya, foldernya juga kosong, stelah saya isi style cuma bisa 1,2mb, sya cek ternyata sdh penuh tidak bisa di isi lgi, n flasdishknya warna merah

Tq postingannya.ada yg tau ga.knpa hanya window8 aja yg bisa baca midi file.window7 blm bisa

Tanpa disengaja, akhirnya ketemu dengan postingan ini.
sangat bermanfaat. Good job & Good luck.

Unt sobatku Yosep Ragil; bila maksud anda "Bisa Baca Midi File" adalah = Bisa Putar File Midi;, saya gunakan Windows 7 Ultimate SP-1 32bit, bisa baca/putar file midi baik dgn software bawaan Windows (Windows Media Libary) terlebih pake software ONE MAN BAND atau lainnya.

Beri tanda checklist pada start(select)/close(unselect) multi-floppy service. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada kita berapa floppy block yang bisa kita buat dalam flashdisk kita... saya sudah melakukan ini, tetapi kenapa tampilannya adalah "start the USB disk multiply floopy block fungction is succed, but after restarting the function will take effect. Maybe there is an program using the disk...selalu muncul begitu, kenapa ya mas? Mohon infonya. Thanks

waduh susah cari emulatornya ya...!!!punya ane psr 640 males pake floppy

kalaw di serang ada ga sih yg jual emulator..
saya minat bgt tuh.. buat casio ctk731

saya baru cba namaun di select copy hanya ada no1unformarted

Met malam, perkenalkan saya Edhie tinggal di Cakung Jakarta Timur memerlukan emulator untuk menggantikan disket pada Roland E-96.
Bagaimana cara dan syaratnya.
Terima kasih.
Edhie
HP 0818414022 dan 0821.25646822

Met malam, perkenalkan saya Edhie tinggal di Cakung Jakarta Timur memerlukan emulator untuk menggantikan disket pada Roland E-96.
Bagaimana cara dan syaratnya.
Terima kasih.
Edhie
HP 0818414022 dan 0821.25646822

kalo buat psr450 bisa ngak...bosss

Pak mau tanya. Dapatkah style asli diback up ke flash disk. Caranya gmn, langkah2 nya. Unt korg pa50

Pak mau tanya. Dapatkah style asli diback up ke flash disk. Caranya gmn, langkah2 nya. Unt korg pa50

Maaf untuk pembelian USB EMULATOR apakah ada di tempat penjualan khusus komputer ( HITHEC MALL ) pak ? terimakasih infonya

Maaf untuk pembelian USB EMULATOR apakah ada di tempat penjualan khusus komputer ( HITHEC MALL ) pak ? terimakasih infonya

Kalo untuk korg pa50sd bisa g dirubah jadi usb flashdisk???
Soalnya kalo pake mmc sering rusak mmc nya
Tengkiyu

Kalo untuk korg pa50sd bisa g dirubah jadi usb flashdisk???
Soalnya kalo pake mmc sering rusak mmc nya
Tengkiyu

Punyaku Roland exr5,udah aku pasang emulator tp pas di pasang glash disk dari beli d buka lapak pas di pasang tulisannya no disk...
Mohon bantuanya...

Yg ingin beli emulator pengganti disket silahkan hubungi no hp sy, 0853 4697 1568 saya akan kasih satu paket emulator dan flashdisk yg sdh di isi song dan style. Dan bisa pesan song atau style yg anda suka. Jadi bisa langsung main organ tunggal di panggung.

Yg ingin beli emulator pengganti disket silahkan hubungi no hp sy, 0853 4697 1568 saya akan kasih satu paket emulator dan flashdisk yg sdh di isi song dan style. Dan bisa pesan song atau style yg anda suka. Jadi bisa langsung main organ tunggal di panggung.

Sy mau beli flashdisk emulator utk korg pa50 di malang dimana ya pak, tks infonya

This comment has been removed by the author.

harga aisi power korg pa 50 sd

berapa harga emulator nya gan untuk psr 650
,,

Belom ada jawaban untuk kasus sama persis sperti yg anda ceritakan. Saya juga mengalami sperti ini. Tolong dong yg tau bagaimana solusinya. Laptop saya win 8.1 tpi slalu muncul bgitu.

Kalo yamaha psr 320 bisakah di modif sprti itu?

Kalo yamaha psr 320 bisakah di modif sprti itu?

Bisa semua abu fawaid
Emulatornya 500 disaya
1 emulator urk 1000 disket

Ane masih cari emulator yang comfortable buat korg i3... mungkin ada info dari teman-teman semuanya... Terimakasih

Mas kalo mau ubah KORG PA 50 SD Ke Harddisk gimana ya ? Mohon di bantu pncerahan nya
Thnk

Sya ada roland G70 bisa ga gan?

Sayaada korg i5s bisa gak gan?

Flash disk sudah terisi dengan song/style namun saat mau dilihat menggunakan SFD 1.23 tidak terdeteksi (pada select flopy kosong) mestinya tampak list. Penyebabnya apa ya? mohon penjelasannya. Trims

Saya punya Rolland e600 apa bisa menggunakan emulator ini mohon info pakar2

Beri tanda checklist pada start(select)/close(unselect) multi-floppy service. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada kita berapa floppy block yang bisa kita buat dalam flashdisk kita... saya sudah melakukan ini, tetapi kenapa tampilannya adalah "start the USB disk multiply floopy block fungction is succed, but after restarting the function will take effect. Maybe there is an program using the disk...selalu muncul begitu, kenapa ya mas? Mohon infonya. Thanks

Ada yang bisa membantu install ke yamaha disklavier mx100a... Lokasi di surabaya call nol delapan satu 21777-107

Punya gue kn 2000 gmn dnk min..

Saya punya technics kn930.emulator usbnya sudah terpasang dan berjalan normal.tapi stylenya yang gratis susah didapat.

Kak flashdisk saya di masukin ke Emulator USB ,bacanya formation,gimana kak cara mengatasi nya

Bos sd saya dah sya isi dengan format yg sama dengan sd saya yang lama tapi kok sd baru ini kalo dimasukkan ke emulator kok no disk trus gimana solusinya??makasih

Bos sd saya dah sya isi dengan format yg sama dengan sd saya yang lama tapi kok sd baru ini kalo dimasukkan ke emulator kok no disk trus gimana solusinya??makasih

Bos tolong dibantu Keyboard saya Roland EM 5i disket bisa dirubah plasdisk kah?

Klo di roland 56 bsa gk kak?

Kalau korg i5s bisa gak bos

Post a Comment