5 October 2011

TEKNIK VOCAL YANG BAIK (PART 1)

Maaf lama tidak update blog dikarenakan satu dan lain hal...:sweaty:

Langsung saja ya..

Kali ini saya akan membahas tentang tentang teknik vocal yang baik.
Sebenarnya menyanyi itu sangatlah mudah.Kita bisa melakukanya kapan dan dimana saja kita mau.Tapi jika anda ingin menyanyikanya dengan alunan suara yang merdu,
Ada teknik-teknik tertentu yang perlu kita ketahui..' Apalagi bagi yang ingin suaranya dapat di nikmati oleh para pendengar.

Bukankah tidak ingin jika saat kita  bernyanyi,tiba-tiba ada yang berkata :

"hmmm... suara kamu baguuuuuuuuuuuusssss dech,tp lebih bagus DIAM...!!':hilo:

Sungguh tragis,jika kita mendengar pendapat yang seperti ini ketika kita menyanyi..'

Untuk itu di sini saya ingin berbagi tentang teknik vocal yang baik.
Sebenarnya ada beberapa tahap teknik vocal yang akan saya bagikan.Tapi berhubung lumayan banyak,jadi saya beri tahap dasarnya dulu saja ya.. :devilishgrin:

Pertama-tama saya akan akan membahas tentang cara menjaga kualitas suara..'
Setelah anda membacanya,mungkin ini seperti sangat mudah.Namun mungkin tidak untuk yang tidak gemar berolah raga atau perokok.

Berikut cara-cara menjaga kualitas suara yang perlu anda lakukan :

1. Latihan pernafasan

Ada banyak latihan pernafasan yang bisa anda lakukan yaitu dengan berolah raga.Contohnya : Lari,Yoga,atau berenang.
Atau bisa juga dilakukan dengan hanya berdiri,ambil nafas lewat hidung,tahan beberapa detik,lalu keluarkan perlahan lewat mulut sambil perut di buncitkan.
Ulangi beberapa kali dan lakukan secara rutin setiap hari.

2. Hindari/kurangi merokok

Selain merokok dapat menyebabkan impotensi,gangguan kehamilan dan janin,merokok juga dapat merusak pita suara karena rokok panas di tenggorokan.
Itu akan membuat kualitas suara tidak akan bertahan lama bila mulai termakan faktor usia.Jadi lebih baik kurangi merokok atau lebih baik hentikan merokok.

3. Hindari pedas berminyak

Pedas berminyak yang saya maksudkan di sini adalah makanan.Hindari makanan berminyak (goreng-gorengan),makanan berkuah pedas (Bakso berkuah pedas,dll),makanan bersantan (Opor,rendang,dll),
hindari cabe,sambal/saos pedas.Ini akan mengakibatkan rusaknya pita suara dan mudahnya terserang radang tenggorokan.Bila sekali saja terserang radang tenggorokan,tenggorokan akan semakin sensitif.
Mudah terasa perih setelah kita menyanyi,apalagi jika menyanyikan nada-nada tinggi seperti yang sudah saya alami.Sampai sekarang,radang tenggorokan saya sering kambuh setelah menyanyikan nada-nada sopran (suara tertinggi wanita).
Dan.. SUMPAAHHH.... sakit minta ampyuuuuunnnn....!!!' :ayokona:

4. Menjaga kesehatan

Tubuh yang tidak di jaga kesehatanya akan mudah terserang influenza.Influenza sangat mengganggu saat kita bernyanyi.Lendir influenza akan mencekal tenggorokan hingga kita akan kesulitan mengeluarkan power suara kita.
Seperti yang kita ketahui,ada banyak cara untuk menjaga kesehatan.Contoh kecilnya adalah dengan istirahat,konsumsi vitamin C yang cukup,minum air putih yang cukup,minimal 8 gelas/hari.Itu untuk menjaga metabolisme dalam tubuh kita agar tidak mudah terserang sakit.

5. Coba produksi intonasi dengan baik

Intonasi adalah bentuk pelafalan huruf yang dinyanyikan,yaitu :

  • A = Lebarkan mulut selebar-lebarnya lalu serukan "Aaaaaaa........" lakukan terus-menerus hingga lafal "Aaaaa....." benar-benar terucap dengan intonasi yang sempurna dan sangat jelas.
  • I = Perhatikan bentuk mulut dan Serukan "Iiiiiiiiii........" lakukan terus-menerus hingga lafal "Iiiii...." benar-benar terucap dengan intonasi yang sempurna dan sangat jelas.
  • U = Tarik bibir kedepan/monyongkan mulut hingga mulut membentuk "U" lalu serukan "Uuuuu......" lakukan terus-menerus hingga lafal "Uuuuu......" benar-benar terucap dengan intonasi yang sempurna dan sangat jelas.
  • E = Perhatikan bentuk mulut dan Serukan "Eeeeeeeeee........" lakukan terus-menerus hingga lafal "Uuuu...." benar-benar terucap dengan intonasi yang sempurna dan sangat jelas.
  • O = Bentuklah mulut seperti huruf " O " lalu serukan "Ooooo......" lakukan terus-menerus hingga lafal "Uuuu...." benar-benar terucap dengan intonasi yang sempurna dan sangat jelas.

6. Nyanyikan tangga nada secara akurat

Untuk mempermudah akan lebih baik jika dilakukan bersamaan dengan nada dalam piano/keyboard.Lalu nyanyikan nada Do,re,mi,fa,sol,la,si,do..' Ulangi beberapa kali hingga nada benar-benar sempurna dan tidak ada satupun nada yang terdengar sumbang/fals.
Jika sudah terdengar cukup,naikan nada 1/2 oktaf,lakukan berulang kali.Jika sudah terdengar cukup,naikan 1/2 oktaf lagi,begitu seterusnya.Itu berguna pula untuk mengukur berapa oktaf kapasitas nada suara yang kita miliki.

Ini saya beri gambaran kategori tingkatan suara dari yang terendah hingga tertinggi :
-Bass (Suara terendah pria)
-Alto (Suara tinggi pria yang tidak umum)
-Baritone (Pertengahan suara antara suara tenor dan bass pada vocal pria)
-Tenor (Suara tertinggi pria)
-Sopran (Suara tertinggi wanita)

7. Relax (Santai)

Manyanyi itu tidak perlu tegang.Rilex saja,jangan takut salah.Lakukan penjiwaan lagu yaitu dengan memahami dan menyesuaikan isi/lirik lagu yang di nyanyikan.Nyanyikan dengan perpaduan teknik dan hati/penjiwaan yang baik.


Bagaimana...???' Mudah kan..???'
Masih banyak teknik-teknik vocal selanjutnya yang Insya Allah akan saya bahas pada posting-posting saya berikutnya..':woooh:

0 comments:

Post a Comment