Download Midi Gratis

30 October 2011

TEKNIK MEMBUAT STUDIO KARAOKE DI RUMAH ( PART 1) - (MEMBUAT PEREDAM SUARA)

Sebenarnya Teknik membuat studio karaoke di rumah ini postingnya amat sangat panjaaaaaaaaannngggg..... sekali..!!'
(Berapa meter yach..??') hihihihiiii.... :devilishgrin:

Mungkin akan lebih ringkas lagi kalau saya masukan dalam 1'paket.
Tapi... pasti jari saya bisa keriting kalau ini saya masukan dalam 1'paket.
Jadi lebih baik saya membuat part saja agar saya bisa menulisnya secara bertahap seperti biasanya..' hehee... :blush:

Di dalam membuat studio karoke di rumah itu tentunya terdapat banyak komponen-komponen tertentu yang harus di perhatikan.
Yang pertama tentunya "Peredam Suara",Kedua "System ruang karaoke",ketiga "Mic",keempat "System Sound/Audio/Amplifier",kelima "Equalizer",dll.
Banyak kan..??' Apalagi setiap komponen kadang bisa lebih dari 1 tahap.Alhasil udah bingung duluan sebelum posting.. :hilo:

hahahaa... Udahan aahh becandanya..'
Langsung saja kita mulai untuk Part 1 :

TEKNIK MEMBUAT PEREDAM SUARA :

Tentunya sebelum penataan ruangan kita harus melakukan tahap dasar dulu ych...
Tahap dasarnya sudah pasti tentang "Peredam Suara".Peredam suara di lakukan untuk meredam suara agar suara tidak merembes keluar (kayak air aja mrembes)
Ya..!!!' Suara dari dalam studio akan sangat mengganggu sekali bagi sekeliling di luar ruangan jika studio di buat tanpa peredam.

Ada banyak jenis peredam suara yang di jual dipasaran diantaranya :

1.Thermax

Thermax adalah bahan peredam suara yang terbuat dari polyester tanpa landfill,yang terdiri dari karbon dan hydrogen dalam bentuk rangka polimer yang berukuran panjang.
Kepadatan produknya pun berada di bawah 20 kg perkubiknya.Biasanya Thermax ini di gunakan untuk peredam panas karena memiliki usia yang panjang antara 40-50 tahun.
Tapi Thermax sangat efektif digunakan sebagai peredam untuk bagian atas/atapnya.


2.Insulasi Acourete Paint

Insulasi Acourete Paint adalah peredam suara dengan jenis material insulasi Acourete Paint yang biasanya digunakan pada mobil untuk meredam suara,kebisingan atau rambatan getaran karena mempunyai densitas yang tinggi untuk meredam getaran tersebut.
Tapi alternatif ini juga bisa di gunakan untuk membuat peredam ruangan.

3.Double glass system

Double glass system, memiliki ruang hampa di tengahnya,jadi hampir 100% kedap suara.
Sekedar informasi,jika ingin memakai Double glass system sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum memakainya karena ini membutuhkan biaya yang lumayan besar dan membuat kita merogoh kocek dalam-dalam.

4.Noise Absorbtion Plasterboard

Noise Absorbtion Plasterboard adalah bahan yang terbuat dari gypsum yang dikhususkan untuk mengurangi gaung (echo) dan menyerap suara dalam ruangan.
Gypsum yang digunakan adalah gypsum jaya bell karena jenis gypsum merk ini memiliki perforasi pada papan gypsumnya dan lapisan kertas akustik khusus bagian belakang papan yang memberikan daya serap suara yang sangat baik.
Jenis gypsum ini dapat diaplikasikan pada permukaan rata maupun lengkung (minimal radius 8000 mm) tanpa mengurangi kemampuan penyerapan suaranya. Gypsum ini memiliki ketebalan sekitar 12 mm dengan lebar 1200 mm dan panjang sekitar 2400 mm.


5.Lapisan permadani/Karpet

Lapisan permadani mempunyai keuntungan sebagai isolasi terhadap suara. Permadani yang dipasang sebagai lapisan lantai biasanya terdiri dari lapisan karet busa dan lapisan permadani. Sebagai permadani dapat digunakan nylon, bahan sintetik lain, atau wol. Lapisan ini biasanya dilem dengan perekat khusus pada lantai dasar yang halus dan rata.
Keunggulan dari penggunaan bahan karpet sebagai penutup lantai pada ruangan adalah

  • Dapat meredam suara sehingga tidak menimbulkan gema pada ruangan
  • Mudah dibentuk sehingga memiliki nilai estetika tersendiri
  • Memiliki ukuran yang fleksibel
  • Mudah dibersihkan
  • Aman

6.Ampas Tebu

Ampas tebu sebagian mengandung ligno-celluse.Panjang seratnya antara 1,7 - 2mm dengan diameter sekitar 20 mikro,sehingga ampas tebu ini dapat memenuhi persyaratan untuk diolah menjadi papan buatan.Bagase mengandung air 48 - 52%,gula rata-rata 3,3% dan serat rata-rata 47,7%.
Serat bagase tidak dapat larut dalam air dan sebagian besar terdiri dari selulosa,pentosan dan lignin.

7.Panel Akustik

Anda dapat merasakan perubahan kualitas suara hanya dengan menambahan atau memindahkan bahan-bahan yang umum seperti Kayu kaso,Majun/kain perca,karpet/permadani.
Panel akustik ini tergolong murah dan sederhana,terkadang memiliki estetika yang lebih baik dan menyenangkan.
Pada tulisan ini saya akan mengajak anda untuk memahami teori panel akustik dan teknik perancangan panel akustik yang sederhana.

Berikut gambaranya :


Namun jika ingin memakai peredam ini saya sarankan untuk memakainya pada ruangan berbentuk balok (3x4 sampai 5x6) jangan dipakai pada ruangan berbentuk kubus (3x3,4x4,dll).
Karena jika dipakai pada ruangan yang berbentuk kubus,cara ini akan membuat frekuensi tidak teratur/berantakan.

Berikut cara-caranya :

A. Untuk Ruangan

  • Buatlah frame di dinding dengan kayu kaso,sesuaikan dengan ukuran ruangan ( disarankan ruangan yang besar untuk mendapatkan hasil maksimal).
  • Frame disekat dengan ram kawat untuk membatasi majun/kain perca.
  • Masukan majun/kain perca kedalam frame.
  • Tutup frame-frame diseluruh ruangan dengan karpet/permadani.

B. Untuk Pintu

  • Buatlah frame pintu dengan kayu kaso.
  • Sekat frame pintu dengan ram kawat.
  • Masukan majun/kain perca ke dalam frame pintu.
  • Tutup frame pintu dengan karpet/permadani.

Begitulah teknik membuat peredam suara.
Tuch kaaaan panjaanngg tekniknya..????'Fiuuuhhh... cuapeeekkk ngetiknya...!!' :tsk:
Untuk tutorial selanjutnya,,,,,,

Lanjutin besok lagi yach... hehee... (^_^)v Piizzz... :inlove:

15 comments:

informasi yang sangat menarik, menambah wawasan untuk berkreasi impian memiliki karaoke room pribadi di rumah :)
terimakasih kawan sudah berbagi info
BlogS of Hariyanto

sama-sama sahabat..' semoga bermanfaat..' Thnx udh brkunjung..' :))

kalau mau buat rekaman sendiri tanpa alat musik ( pakai midi ) dan dengan hasil yang bagus gimana ya ?
tlong bantu ya\

bagus ekali pak . ini sangat profesional bisa ditambahkan software karaoke resmi

Mantap artikelny brow kunjungi product peredam suara ruangan http://peredam.simdif.com & http://peredamsuara.yu.tl

Mantap artikelny brow kunjungi product peredam suara ruangan http://peredam.simdif.com & http://peredamsuara.yu.tl

keren2 gan artikel nya

Jasa peredam suara
https://gemilangsoundproof.blogspot.co.id/

Visit http://peredam.simdif.com gans!

Produk peredam suara http://peredamsuaraberkualitas.blogspot.com

Peredam suara nanang tlp:089640556753

Info produk peredam suara ruangan berkualitas http://peredamsuara.simdif.com

Biaya kaya gituh kira2 brp gan?

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






Terimakasih untuk share ilmu nya jadi lumayan terbantu juga kebetulan sekali saya sedang membuat studio karaoke dirumah jadi sangat membantu sekali konten nya

Post a Comment