3 November 2011

TEKNIK MEMBUAT STUDIO KARAOKE DI RUMAH ( PART 3) - (EQUALIZER SOUND SYSTEM)

Setelah kemarin saya bahas tentang Penataan System Karaoke,sekarang tinggal system Audionya.

Sebenarnya mengatur system audio itu tidaklah susah.Dalam hal ini tidak ada deskripsi salah ataupun benar.
Toh seburuk apapun pengaturan equalizernya,tidak akan mengakibatkan konsleting listrik,paling-paling hanya menghacurkan gendang telinga suara kita..' hehee.. :p

Ok,dimulai dari pengertianya dulu yach..

Pengertian Dalam System Audio :

Di dalam system audio ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk memaksimalisasikan suara yang keluar pada Audio.

Dibawah ini akan saya sebutkan satu persatu berikut pengertianya :

1. RTA (Real Time Analizer)

RTA adalah alat untuk memperlihatkan spektrum suara (rentang frekuensi suara yang dapat diterima oleh alat tersebut) yang dimulai dari 1 oktaf, 1/3 oktaf, 1/6 oktaf, hingga 1/24 oktaf.
Grafik yang kita lihat dapat berupa dot (lampu-lampu LED),batang,atau hanya berupa garis pada titik puncak frekuensi yang terukur.Sumbu horizontalnya/sumbu x menunjukkan frekuensi dalam satuan Hz dan sumbu vertikalnya/sumbu y menunjukkan kekerasan (gain) dalam satuan dB.

R T A

Tapi RTA ini memiliki beberapa kelemahan antara lain :

  • Informasi RTA terbatas,tidak mengenal pantulan,padahal respon yang ia tampilkan adalah suara asli ditambah dengan pantulan,fasa speaker,dan berapa lama sinyal tersebut dalam perjalanan hingga diterima oleh microphone.
  • RTA tidak memberikan informasi apakah sinyal yang ia terima serupa dengan sinyal yang masuk ke dalam speaker.Ia hanya menggambarkan energi akuistik yang diterima oleh microphone/di sekitar microphone.Jadi spektrum yang kita lihat dalam bentuk lembah atau gunung kemungkinan adalah pantulan,atau sinyal yang saling menguatkan (summation) atau bahkan sinyal yang saling menghilangkan (canceling).
  • RTA sangat tergantung kepada kualitas microphone yang kita gunakan untuk mengukur,dan kualitas kabel yang kita pergunakan.
  • Jika kita menggunakan RTA program dalam komputer sound card kita memberikan andil yang cukup besar dalam mengaburkan hasil ukur.
  • RTA hanya dapat mengkoreksi masalah yang timbul tetapi tidak dapat menyelesaikannya.

2. Equalizer

Pengertian :

Equalizer adalah alat yang dapat digunakan untuk menyamakan suara speaker mendekati sumber aslinya atau mengembalikan suara speaker seperti suara aslinya.

Parameter Equalizer :

  • Gain/level : Tombol yang digunakan untuk menambah atau mengurangi frekuensi yang kita inginkan.
  • Low pass/High pass : Tombol yang digunakan menghilangkan frekunsi-frekuensi di bawah atau di atas frekuensi yang kita set.
  • Q/Bandwidth : Tombol yang digunakan untuk memperlebar atau mempersempit kurva equalizer.
  • Frequency : Mengubah frekuensi sehingga mencapai frekuensi yang kita inginkan.
  • Volume gain/make up gain : Tombol yang digunakan untuk menambah atau mengurangi level suara yang keluar dari equalizer.

Equalizer dBx 2231

Parametrik Equalizer :

Parametrik Equalizer adalah Kurva equalizer yang dapat kita geser dan rubah bentuk kurvanya, dengan kata lain semua parameter (ukuran) yang ada dapat kita rubah

Berikut parameter yang dapat kita ubah :

  • Gain : Untuk mengurangi atau menambah kurva parametrik yang kita inginkan,besarnya diukur dalam dB.
  • Q : Besaran yang digunakan untuk memperlebar atau mempersempit kurva parametrik sesuai dengan yang kita inginkan,besarannya pada umumnya menggunakan skala 0,1 hingga 10.
  • Frekuensi : Frekuensi pada equalizer parametrik dapat kita geser hingga mencapai frekuensi yang kita inginkan.

Bentuk kurva pada parametrik equalizer ada 2 :

  • Shelving : Bentuk kurva ini memiliki puncak pada bagian akhir frekunsi rendah maupun frekunsi tinggi dari spektrum frekuensi yang kemudian mendatar hingga akhir frekuensi. Seperti hi-shelving, akan mengangkat puncak frekuensi 12 kHz, dan low-shelving akan mengangkat frekuensi 80 Hz pada umumnya. Beberapa eq menyediakan fasilitas untuk kita dapat mengubah frekuensi pada puncak kurva.
  • Bell shape : Bentuk kurva pada equalisasi ini adalah seperti lonceng,pada umumnya parametrik murni akan menggunakan bentuk equalisasi ini.

Grafik Equalizer :

Grafik equalizer dapat kita bagi dalam beberapa jenis :

  • Constant Q : Bentuk kurva (Q) grafik equalizer ini tetap walaupun gain hanya di ubah sedikit ataupun banyak.
  • Variable Q : Bentuk kurva grafik eq ini tidak tetap, tergantung dari berapa bayak kita mengangkat gain.
  • Bandpass filter parameter : Bentuk kurva tetap dan gain tetaphanya frekuensi yang dapat kita geser.
  • Perfect Q : Grafik equalizer analog yang diproses secara digital,mirip dengan constant Q hanya lebih akurat.

Berikut langkah-langkah pengaturan audionya :

1.Setting gain jalannya berurutan dari mulai Volume Head Unit,gain equalizer,gain x-over dan yang terakhir gain amplifier.
Semua gain disetel pada mendekati minimum,kecuali volume head unit yang disetel 3/4 max.Dari sini atur gain equalizer sampai mendekati distorsi.Hal yang sama juga diterapkan ke x-over,dan yang terakhir ke amplifier.

2.Setting crossover'nya,entah itu crossover active atau passive.

3.Setting time delay atau kalau tidak ada fitur time delay,selaraskan output antar masing-masing speaker agar secara satu kesatuan semua speaker bekerja secara harmonis.
Diusahakan agar di posisi dengar output disamakan dari channel kiri sampai kanan.


Peringatan :

Jangan gunakan RTA secara langsung dalam keadaan seperti ini :

  • Jika anda menghadapi ruangan dengan multi speaker atau speaker dalam jumlah banyak maka yang anda harus lakukan adalah menyeragamkan waktu tempuh setiap speaker dengan mendelay'nya terlebih dahulu.
  • Jika anda menghadapi masalah akuistik ruang yang cukup parah,software apapun untuk mengetes system tidak akan dapat digunakan.Selesaikan dulu masalah akuistik..'
  • Jika system anda memiliki perkabelan yang buruk,managemen kabel hasur diperbaiki terlebih dahulu dan mengganti kabel-kabel dengan respon suara yang kurang baik.
Tips :

  • Pada tahap awal setting,settingan di HU itu dibuat flat (bass=0,mid=0,treble=0,EQ=off/0,dll) supaya buat jadi patokan atau referensi.Kalau kita setel sesuatu dimana kondisi awal adalah nol,kita bisa ambil kesimpulan yang benar dari hasil settingan tersebut.
  • Jika memakai "voltage gainer" yang banyak (sudah di preamp,di crossover,di equalizer pula)lebih baik semua gain yang di "alat2" tambahan termasuk amplifier dibuat seminimal mungkin.Kalaupun ada yang dinaikkan,coba naikkan "yang paling dekat dengan HU" saja (biasanya Preamp)
  • Jika anda merasa kerepotan dalam pengaturan equalizer amplifier,atur saja posisi High dan Low secara seimbang dan midle di tengah-tengah (misal: low=2 Mid=12 high=2),atau jika ampli anda menggunakan tipe slide,aturlah equalizernya berbentuk huruf "V".ini adalah bentuk normal yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.
Okaaayyy... akhirnyaaaaa........ selesai sudah Teknik Membuat Studio Karaoke Dirumah..!!'

10 comments:

Salam hormat henny...

Kalo kita ingin merekam suara kita kemudian kita jadi kan file format mp3 bagaimana caranya ?
Mohon pencerahannya ..
Trmkash ..

Iezul : Thnx udh berkunjung :)

Dhika : Salam..
Utk merubah format AMR ke MP3 dapat di ubah dengan menggunakan software2 converter MP3 yang banyak di sediakan internet, silahkan searching saja, download converternya di google.Usahakan cari yg Full patch (Full Version with Serial Number, Jgn yang Trial Version) krna biasanya yg Trial Version, Lagu/Suara yg di convert akan terpotong (tidak lengkap)..

Bagus artikelnya ^_^

Share juga 6000 Lagu Midi Karaoke Full Lirik (1 Link Download)

www.karaokemidiku.blogspot.com

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Mf gan,,nanyak kabel speker nyatu mengakibatkan percikan trs bikin spekernya ndk bunyi ap spekernya yg rusak atau equalizernya yg rusak ?mhon infonya!

Mau tanya:
Sy punya equslizer dbx 231, kemudian saya pake untuk sounsystem di rumah. Dari dvd saya langsung ke equalizer terus ke amplifier. Tapi hasilnya suara kecil dan yg bunyi sebelah meskipun gain dan volume dinaikkan

no hp saya081340316099.saya baru beberapa bulan bekerja sebagai tehnis disalah satu tempat karaoke pub dimaluku..ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan mengenai sofware karaoke,mengingat sofware karaoke ditempat saya bekerja mau diganti

Post a Comment