12 March 2011

CARA RIPPING (MEREKAM) LAGU DARI PITA KASET KE KOMPUTER

Sebelumnya pernah saya jelaskan tentang cara merubah lagu menjadi karaoke. Sekarang saya ingin berbagi cara meripping (merekam) kaset tape, dari pita kaset ke PC.

Saya percaya banyak diantara kalian masih menyimpan koleksi kaset-kaset lama. Sayang rasanya kalau koleksi tersebut sudah jarang didengarkan. Apalagi kalau disimpan terlalu lama tanpa perawatan khusus kondisi kaset akan berdebu bahkan bisa berjamur sehingga kualitas suaranya akan menurun.

Terkadang memang ada kemalasan untuk memutarnya satu persatu karena sekarang sudah ada media yang lebih praktis menikmati musik yaitu MP3 player. Alangkah bagusnya kalau kaset-kaset tersebut didokumentasikan ke dalam format digital supaya lebih praktis untuk dimainkan.

Merekam lagu dari pita kaset ke format MP3 bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Namun dibutuhkan perlakuan khusus agar hasil ripping bisa maksimal. Kualitas audio dari hasil ripping ditentukan beberapa hal seperti teknik merekam, tape player yang digunakan dan kondisi kaset.

HARDWARE :


1. Komputer














2. Tape Player










3. Kabel RCA Stereo ( konektor 2 RCA & mini-jack konektor )








4. Jack Adapter









5. Kaset












SOFTWARE
Banyak software yang direkomendasikan sebagai media ripping seperti Cool Edit Pro 2.0, Soundforce, Digital Sound Recorder, Audacity, RJC Sound Recorder dan masih banyak lagi. Saya sendiri sudah familiar dengan Cool Edit Pro v 2.0  untuk melakukan proses ripping karena kualitas suara yang dihasilkan lumayan bagus dan pengaplikasiannya mudah. 
Persiapan :
  • Untuk mendapatkan hasil rippingan dengan audio yang bagus, bersihkan bagian head tape mengunakan kaset pembersih atau bisa menggunakan kapas yang telah diolesi alkohol. Gosok pelan-pelan bagian head tape, head recorder, dan roda pemutar. 
  • Hubungkan kabel RCA stereo (konektor 2 RCA) dengan jack adapter kemudian colok ke bagian jack  line in
  • Ujung kabel stereo RCA (mini-jack konektor) dicolok ke lubang line out pada tape player.
  • Disarankan komputer menggunakan speaker untuk memonitor musik saat proses ripping berlangsung.
  •  Atur volume dalam posisi high, caranya klik Control Panel pilih Sound & Audio Devices, pada bagian Volume setting Device Volume ke posisi high.




  • Ubah bagian Sounds Sceme menjadi No Sounds. Treat ini dilakukan agar suara saat mengklik mouse tidak ikut terdengar ketika kita melakukan aktivitas lain di luar proses ripping.




  • Selanjutnya proses ripping siap dimulai.

LANGKAH-LANGKAH : 


  • Jalankan Program Coll Edit Pro 2.0
  • Klik tombol record (ditunjukkan dengan tanda panah biru) maka akan muncul sebuah perintah di tengah layar Cool Edit Pro 2.0. Untuk suara standar pilih Sample Rate  44100 Hz dengan resolution 16-bit. Semakin tinggi frekuensi Sample Rate, kualitas suara akan semakin baik namun konsekuensinya akan banyak memakan kapasitas file. Kemudian klik OK.











  • Tekan tombol record kemudian mainkan tape player. Biarkan proses tracking berlangsung sampai lagu yang diripping selesai.


  • Setelah lagu berakhir tekan tombol stop pada coll edit pro 2.0, simpan file dengan cara klik file, save as, beri nama file, gunakan format mp3PRO[®FhG] [*mp3] dan simpan pada lokasi yang diinginkan.



  • Apabila meripping semua lagu dalam satu kaset, setelah side A / B tuntas klik tombol stop kemudian simpan file sementara misalnya dinamai U Camp Side A, lanjutkan meripping ke side berikutnya. Untuk tape player yang menggunakan fasilitas auto reverse, aktifkan fasilitas tersebut karena akan memudahkan proses ripping. Kaset dengan sendirinya akan berpindah secara otomatis ke side sebelah.
  • Editing : Hasil tracking dari beberapa lagu yang diripping sekaligus tentunya perlu diedit untuk memisahkan  lagu satu persatu. Untuk memilih salah satu lagu yang akan disimpan maka lakukan dragging sound level  lagu-lagu yang tidak dipilih kemudian klik delete. Sehingga yang muncul dilayar hanya sound level lagu yang akan disimpan. Kemudian lakukanlah penyimpanan seperti cara di atas.


  • Untuk memilah lagu berikutnya klik undo,maka sound level akan kembali ke posisi semula. Drag bagian signal level yang telah disimpan lagunya, klik delete kemudian drag lagi sound level lagu berikutnya dan simpan. Lakukan pemilahan untuk lagu-lagu berikutnya berulang-ulang sampai semua lagu selesai disimpan.
  • Apabila volume hasil ripping dirasa tidak nyaring (bisa juga dilihat pada sound level) maka untuk menaikkan bisa dilakukan dengan mengatur dB. Caranya klik effect  pada menu coll edit pro 2.0à amplitude à amplify àpilih 10dB Boost à amplification pada kolom R masukkan angka yg dikehendaki (semakin besar angka , volume akan semakin nyaring) à klik OK.




3 comments:

sangat bermanfaat infonya

Bisa, pake laptop kah min ??

Post a Comment