5 March 2011

MEMBUAT STUDIO DI RUMAH (HOME RECORDING STUDIO)

Studio di rumah (Home Recording studio) sekarang sudah menjamur di mana-mana sebagai popularitas trend masa kini.
*Memanfaatkan teknologi
- Music software, sistim komputer dan peralatan rekaman
*Menurunkan harga
- Khusus di peralatan "sound processing"

Ini berarti kita dapat membangun sebuah studio "sound recording" di rumah dengan kemampuan profesional, sepanjang kita menguasai kemampuan teknis dan musik.

Perkembangan teknologi komputer dengan MIDI (Musical Instrument Digital Interface), baik segi perangkat keras maupun perangkat lunak, telah mampu membuat kecenderungan baru, yaitu komputer sebagai inti dari sebuah pembuatan musik.

Terminologi yang populer kini adalah DAW atau Digital Audio Workstation. Dengan komputer PC Multimedia yang mampu mengolah suara digital dengan baik dapat digunakan sebagai DAW.

Ketika memutar kaset atau CD, kita mendengar berbagai instrumen atau bunyi-bunyian lain yang membentuk musik tersebut. Masing-masing instrumen dan bunyi lainnya akan direkam ke dalam sebuah medium menggunakan alat perekam multi kanal (Multitrack Recorder).

Menggunakan komputer, medium perekam pita magnetik akan digantikan oleh hard disk. Alat perekam multikanal serta effect processor akan digantikan oleh perangkat lunak yang sesuai. Dengan kata lain, kita dapat merekam semua instrumen dan bunyi-bunyian ke dalam hard drive komputer PC yang kemudian diolah kembali menggunakan perangkat lunak yang mampu membuat komputer berubah menjadi studio virtual. Menarik bukan?

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kita bisa memproduksi musik dengan menggabungkan MIDI dan Digital Audio, menggunakan virtual mixing board yang menghasilkan persis seperti aslinya.

Bahkan, menambahkan efek-efek seperti distorsi untuk suara gitar, reverb untuk vokal sang penyanyi, dan seterusnya. Hasilnya? Bisa langsung diduplikasi dalam bentuk CD dan disebarluaskan!

Perangkat lunak yang populer adalah Cakewalk ProAudio, Cubase VST, Power Tracks Pro Audio, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi kurang lebih fungsinya sama, yaitu mengubah komputer menjadi sebuah studio rekaman virtual yang canggih.

Beberapa perangkat lunak memiliki fungsi yang lebih spesifik dan mampu memperkaya serta melengkapi dari perangkat lunak lain. Sony ACID Music Studio dapat membantu pembuatan loop-based music. Artinya, musik dibuat berdasarkan pola-pola yang sudah jadi, kemudian bisa dimanipulasi untuk menghasilkan karya yang orisinil.

Beberapa perangkat lunak menggunakan pendekatan berbeda dalam menyajikan solusi membuat musik menggunakan komputer. Propellerhead Reason menggabungkan emulasi analog synthesizer, emulasi sampler, emulasi drum machine ke dalam satu paket yang intuitif. Reason juga tidak terlalu membebani prosesor meskipun fungsi yang dimiliki sangat lengkap.

Bayangkan, kita tidak membutuhkan lagi beberapa susun synthesizer, efek prosesor, sampler, mixer. Cukup hanya menghubungkan satu master keyboard atau MIDI Keyboard instrumen ke komputer yang dapat membuat aransemen musik lengkap.

2 comments:

nah... ini lagi, membuat studio di rumah (home recording studio).ada teman yg pintar musik, mau saya tawarkan tutorial ini. biar jadi produser. ( masih dalam mimpi)

he2... iya... dan kalau untuk tracking cb tawarkan software Cool Edit Pro v2.0.
Tutorialnya pernah saya bahas di salah satu postingan saya.. :)

Post a Comment