Download Midi Gratis

19 May 2011

MENGENAL VARIABLE EDITING KEYBOARD YAMAHA

Weeeeehhhhhh......... pusing juga saya mengurus blog ini.Tapi demi pembaca setia,apa sih yang ngga.... hehee.... :blush:

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saja,bukan berupa tutorial seperti posting saya sebelumnya.
Yach... semacam pengenalan saja bagi yang ingin mengetahui tentang editing style untuk yamaha PSR-S.

Berhubung keyboard yang saya gunakan adalah Yamaha PSR-S910,jadi yach saya hanya bisa berbagi tentang Yamaha PSR-S910 saja.
Tapi mungkin juga ini bisa dipakai pada Yamaha type lain asal type'nya diatas type PSR3000.


Kadang sebagai manusia,jika kita mencintai sesuatu,rasa penasaran itu pasti ada.Seperti saya,suka penasaran kalau saya belum mendapatkan apa yang saya cari.:inlove:
Untuk para pecinta keyboardpun sama.Kadang tak puas dengan apa yang diperoleh.
Contoh : Seorang teman memberikan style keyboard dengan cuma-cuma.
Lalu setelah dicoba pada keyboard,ia kurang puas dan ingin mengedit style itu menjadi lebih atraktiv.Sementara untuk mengeditnya tidak mudah.
Ibarat menyetir mobil,kalau belum mengerti apa itu kopling,dimana letak kopling,dan apa fungsi kopling,mobil tidak akan bisa berjalan.Betuuull l...???'Cimg alt=":devilishgrin:" class="emoticon" height="30" src="http://sidekick.mysinablog.com/resserver.php?resource=193318-evil.gif" title=":devilishgrin:" width="30" />

Nah untuk itu saya akan memperkenalkan kopling..!!!'
Oooppzztt'.. salah... hahaa... kok jadi kopling yang dibahas..'
(Maaf mungkin saya sedang agak sedikit konslet jadi ngelantur):scream:

Oke,kita kembali ke keyyyyyyyyyboaaarrddd...!!!'

Disini saya ingin membahas mengenai berbagai macam variable pada editing style yamaha.
Langung saja ya..

  • Part Selected
    Part selected adalah bagian-bagian yang akan kita buat yang terdiri dari Intro A-C, Main A-D, Fill In A-D, Ending A-C. A-D

    • Track Vs Channel
    Dalam proses perekaman dalam file MIDI kita harus membedakan Track dengan Channel.Karena Channel telah ditentukan oleh Yamaha dimana Channel 10 hanya untuk drum,Channel 9 untuk Sub Drum dan 11 sampai dengan 16 untuk Bass,Phrase dll.

    • Sources Chord
    Source Chord adalah sumber dasar chord yang akan dimainkan dan type apa yang digunakan.
    Contoh : CMaj7
    berarti empat tuts keyboard bisa dimainkan,jadi Keyboard dapat mengenal C7,sus dll.

    • Lower Note,Higher Note
    Perekaman not dalam file style dapat kita mainkan pada range yang telah ditentukan.
    contoh : Untuk merekam Bass adalah C3. ow Note G2 High Note F#3 jadi misal kita menekan kord F maka yang akan dibunyikan adalah not F3 bukan F2.

    • Transpose Type
    Transpose type terdiri dari:
    1. Bypass : Apapun kita menggunakan menekan kunci kord nadanya akan sama.Ini dipakai untuk Drum atau melodi intro.
    2. Melody : Kunci kord menentukan tinggi rendahnya nada yang akan kita gunakan.
    3. Chord : Sama seperti Melodi.Ini murni kord untuk string,organ dll.
    4. Bass : Sama seperti Melodi,tapi ini hanya dipakai untuk Bass

    • Chord Mute
    Chord mute digunakan untuk kepentingan tertentu.
    Contoh : Apabila anda ingin Kord Minor (Am, Em dst) suara gendangnya dihilangkan sehingga ada kesan syahdu.

    • Miscellaneous Parameter
    Biasanya ini digunakan untuk mengenali antara drum atau yang lainnya.

    • Event
    Event adalah kumpulan data-data note (C sd B) dan control lainnya(alat musik,volume,horus dll) dalam memainkan file style yamaha.

    • Control Data
    Secara garis besar sebenarnya dalam event dapat hanya memasukan data note saja jika dalam Control data telah diisi.

    Itu tadi beberapa variable pada editing yamaha.Tapi untuk tutorialnya mungkin akan saya bahas pada posting berikutnya. :woooh:

    16 comments:

    aq aja yang belajar pakai kibord di komputer aja belum bisa mp sekarang, coba deh triknya aq terapkan kalai aja sama

    @Rizkyzone

    he2... blm tau jg tuwh klo di komputer sama atau gak... blm pernah cb c.. :D

    Waduch..
    Ugak tau tEntang kayak gini..
    tppi yang penting kommenx datang boz..^^

    @MaPhia BlacK

    Kan krna baca jd taw.. capa taw jg sometimez pgn jd keyboardiz,lumayan honornya bsa bwt tambah2 beli pulsa..' hahaaaa.... :D
    Thnx ych udh brkunjung...' ^_^

    @Henny Fadilla Ajram

    Hahaha
    Ea..Buat beLi puLsa tRos..!!
    Oya, Link Henny juga uda saya pasang dngan nama "Midi Karaoke Henny Fadilla"
    Silahkan dicek bagian --> M <--

    PngEn tau cRita Lbih Lnjut Tntng Henny sma Cowok padang tu Loh..
    gPP, kLo mO crita atO curhat ndk akku ajjah,,
    hahaha
    Ukey..??
    ͼ⎝⋗⍜⋖⎠ͽ

    Mau tahu tentang "musik digital" ? Kunjungi blog aku di http://dolananmusik.blogspot.com. Mantap bro ?!!

    This comment has been removed by the author.

    info yang menarik, kunjungan perdana sekalian follow di 25, ditunggu follbacknya salam persahabatan dan sukses selalu

    @MaPhia BlacK

    hahaaa.... tuwh foto'nya ada d komentar pertama'q d bwh komentar rizky..' tp jgn d ceritain d sini aahh... maluuu..' hihihiii... :D

    @PRABHU WILWATIKTA

    Mantaaabbzzz....' udh aq liat + udh aq follow jg...' followback ych.. ^_^

    @Andreas

    Salam sahabat.. udh aq followback barusan..' silahkan di cek..' ^_^

    @Henny Fadilla Ajram

    Ea..Ea..
    Tau daH potonya akku..!!
    tppi ugak tErLaLu jeLas..
    hehehe

    Ciah..maLu ndk cpa Loh..
    ͼ⎝⋗⍜⋖⎠ͽ

    he2.. kan ftonya kecil jd gak jelaz..' tp mendingan gitu..' takut orgnya ke'GR an..! ^0^

    hi mbak..aku pemula. aku donlod midi. aku pake yamaha PSR E433. setelah dimainkan aku bingung gimana cara ngubah nada dasarnya mbak. bantuin ya mbak..

    This comment has been removed by the author.

    ibu numpang nanys gimana cara mengatasi keyboar psr s910 apa bila dihidupkan terdengar suars storing melengking

    thnks ibu

    Post a Comment